Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Tidak Membayar Zakat [2]

Tidak Membayar Zakat [2]

Meninggalkan Zakat termasuk dosa besar adalah karena Zakat adalah salah satu kewajiban.
Dan juga diriwayatkan oleh Al-Bukhari bahwa Abu Bakar ra. telah memerangi orang-orang yang tidak mau membayar zakat, dan beliau berkata,
"Demi Allah, kalau mereka mencegahku (memungut zakat) seekor anak betina domba (sekalipun) yang dulu mereka bayar kepada Rasulullah saw. niscaya akan aku perangi mereka karena tidak mau membayarnya."

Allah berfirman,
"Sekali-kali janganlah orang-orang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah butuk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya pada Hari Kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Ali Imran: 180)
Dan dari Nabi saw. tentang orang yang tidak mau membayar zakat, beliau bersabda,
"Barangsiapa yang tidak mau membayarnya, maka kami akan mengambilnya dan setengah dari hartanya; sebagai suatu kewajiban dari kewajiban-kewajiban Rabb kami." (HR.Abu Daud)
Rasulullah saw. juga bersabda,
"Tiga orang yang paling pertama masuk neraka: penguasa yang diktator (bengis), orang yang memiliki kekayaan harta tapi dia tidak menunaikan hak Allah dalam hartanya, dan orang fakir yang sombong." (HR.Khuzaimah)

Dan Abdullah ra. berkata,
"Kalian diperintahkan melaksanakan shalat dan membayar zakat, barangsiapa yang tidak membayar zakat, maka shalatnya tidak sah."
"Barangsiapa yang mendirikan shalat dan (tetapi) tidak membayar Zakat, maka dia bukanlah seorang muslim yang amalnya bermanfaat baginya."
(Dalam Targhib wa Tarhib)

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian