Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » , » Perumpaan Dilipatgandakannya Pahala Infak

Perumpaan Dilipatgandakannya Pahala Infak

Allah Berfirman,
"Perumpaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui." (Al-Baqarah: 261)

Ini merupakan perumpaan yang diberikan Allah Ta'ala mengenai pelipatgandaan pahala bagi orang yang menafkahkan harta kekayaannya di jalanNya dengan tujuan untuk mencari keridhaanNya. Dan bahwasanya kebaikan itu dilipatgandakan mulai dari sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. Semua ini berlaku untuk harta yang dinafkahkan di jalan Allah dalam rangka menaatinya. Seperti harta untuk jihad dan ibadah haji.

Perumpaan ini lebih menyentuh jiwa daripada penyebutan bilangan 700 kali lipat, karena perumpaan tersebut mengandung isyarat bahwa pahala amal shalih itu dikembangkan oleh Allah bagi para pelakunya, sebagaimana tumbuh-tumbuhan, tumbuh subur bagi orang yang menanamnya di tanah yang subur.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Ibnu Mas'ud, bahwasanya ada seseorang laki-laki yang menginfakkan seekor unta yang hidungnya telah diberi tali di jalan Allah. Lalu Rasulullah bersabda,
"Engkau pasti akan datang pada hari Kiamat kelak, dengan tujuh ratus unta yang telah ditali hidungnya." (Diriwayatkan juga oleh Muslim dan Nasa'i)

Imam Ahmad juga meriwayatkan dari Abu Hurairah, Nabi saw. bersabda,
"Setiap amal perbuatan anak Adam akan dilipatgandakan, satu kebaikan dilipatgandakan sepuluh sampai tujuh ratus kali kali lipat atau bahkan lebih, sesuai kehendak Allah."

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian