Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Utamakan Kepentingan Akhirat dari Dunia

Utamakan Kepentingan Akhirat dari Dunia

Allah berfirman,
"Barangsiapa yang menghendaki keuntungan di akhirat, akan Kami Tambah keuntungan itu baginya, dan barangsiapa menghendaki keuntungan di dunia, Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia, dan tidak ada baginya suatu bagianpun di akhirat." (Asy-Syura: 20)

Di dalam ayat tersebut, Allah menjelaskan kepada kita bahwa seorang yang beramal atau melakukan pekerjaan yang hanya di tujukan untuk kepentingan dunia, maka Allah akan memberikan dunianya tapi dengan jumlah yang sedikit.
Berbeda dengan seseorang yang beramal, yang amal perbuatannya itu ditujukan untuk urusan akhirat. Maka, Allah akan memberikan kepadanya suatu kebaikan yang berlipat ganda, berupa kebaikan dunia dan akhirat.

Mengapa demikian? Itu tak lain dan tak bukan adalah karena nilai akhirat itu lebih tinggi daripada dunia.
Rasulullah saw. bersabda,
"Perbandingan dunia dengan akhirat, seperti seseorang yang mencelupkan jari tangannya ke dalam laut, lalu diangkatnya dan dilihatnya apa yang diperolehnya." (HR.Muslim)

Dan Rasulullah saw. bersabda,
"Barangsiapa yang mencintai dunianya, maka kecintaannya itu akan membahayakan akhiratnya. Dan barangsiapa yang mencintai akhiratnya, maka kecintaannya itu akan membahayakan dunianya. Utamakan yang kekal ketimbang yang sementara (punah)." (HR.Ahmad)

Di dalam hadist tersebut, diumpakan orang yang memilih dunia adalah seperti orang yang mencelupkan jarinya ke dalam air, kemudian ia angkat. Apakah yang ia dapat? hanya basah di jarinya, yang akan lekas mengering. Begitu juga orang yang lebih memilih dunia, dia lebih memilih yang fana dari yang kekal.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian