Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » , » Adab dan Amal Yang Utama Pada Hari Jum'at (1)

Adab dan Amal Yang Utama Pada Hari Jum'at (1)

1. Mandi dari apa saja yang mengenai badannya, Rasulullah bersabda,
"Mandi pada hari Jum'at adalah kewajiban bagi setiap orang yang pernah bermimpi (baligh)." (Muttafaq 'alaih)

2. Mengenakan pakaian yang bersih, dan menggunakan parfum, Rasulullah saw. bersabda,
"Setiap orang Muslim wajib mandi pada hari Jum'at, mengenakan pakaian terbaik yang dimilikinya, dan jika ia mempunyai parfum maka ia menggunakannya." (HR.Ahmad)

3. Berangkat shalat Jum'at secara dini dalam arti segera pergi sebelum waktunya, Rasulullah saw. bersabda,
"Barangsiapa mandi pada hari Jum'at seperti mandi junub, kemudian berangkat pada jam pertama, ia seperti berkurban dengan unta. Barangsiapa berangkat pada jam kedua, ia seperti berkurban dengan sapi. Barangsiapa berangkat pada jam ketiga, ia seperti berkurban dengan kambing. Barangsiapa berangkat pada jam keempat, ia seperti berkurban dengan ayam betina. Dan barangsiapa berangkat pada jam kelima, ia seperti berkuran dengan telur. Jika imam telah keluar (maksudnya naik ke atas mimbar), maka para malaikat datang untuk mendengarkan dzikir." (HR.Malik)

4. Shalat sunnah empat raka'at atau lebih ketika masuk masjid, Rasulullah saw. bersabda,
"Tidaklah seseorang mandi pada hari Jum'at, bersuci dengan bersuci yang dapat ia lakukan, menggunakan minyak, atau menggunakan parfum, kemudian berangkat ke masjid tanpa memisahkan di antara dua orang, mengerjakan shalat yang diwajibkan kepadanya, dan diam ketika imam bicara, melainkan dosa-dosanya antara hari Jum'at dengan hari Jum'at berikutnya diampuni selagi ia tidak mengerjakan dosa-dosa besar." (HR.Bukhari)

5. Jika seseorang masuk masjid, sedang imam sedang berkhutbah, ia shalat tahiyatul masjid dua raka'at ringan, Rasulullah saw. bersabda,
"Jika salah seorang dari kalian masuk masjid sedang imam sedang berkhutbah, hendaklah ia shalat dua raka'at dan hendaklah ia meringankannya." (HR.Abu Daud)

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian