Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Ayat Tentang Tauhid (Mengeesakan Allah)

Ayat Tentang Tauhid (Mengeesakan Allah)

Allah berfirman,
"Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia, yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (Ali Imran: 18)

Ayat ini adalah dasar Tauhid (keesaan Allah). Dimana Allah menyebutkan bahwasanya Dia satu-satunya Tuhan yang tiada melainkanNya.

Ada yang mengatakan tentang makna syahidallaahu, "Allah menetapkan hukum dan keputusanNya." Dan ada pula yang mengatakan: "Allah memberitahu bahwasanya tiada Tuhan melainkan Dia, yaitu dengan menerangkan dalil-dalil yang dapat menghantarkan kepada pengatahuan tentang keesaanNya. Jadi, Allah membimbing hamba-hambaNya ke arah pengetahuan tentang keesaanNya. (Tafsir al-Lubab)

Sebab Turunnya ayat ini adalah sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari, "Bahwasanya Anas bin Malik mengatakan bahwa suatu ketika, ada seorang pemuda Yahudi yang mencarikan air wudlu dan membawakan alas kaki Rasulullah. Suatu hari, ia jatuh sakit. Rasul pun menjenguknya. Saat beliau datang, pemuda yahudi itu sedang ditunggu kedua orang tuanya. Rasulullah bersabda, 'Wahai pemuda, masuklah Islam.' Pemuda itu memandang orang tuanya, Orang tuanya berkata, 'Taatlah kepada Abu Qasim (Muhammad)!' kemudian pemuda itu lalu bersyahadat. Setelah itu, turunlah ayat ini."

Disebutkan dalam Ad-Durul Mantsur, bahwa Rasulullah saw. bersabda,
"Barangsiapa bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad itu utusan Allah, maka Allah mengharamkan neraka atas dirinya."

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian