Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Pacaran Islami? Adakah?? (bag.1)

Pacaran Islami? Adakah?? (bag.1)

Pacaran Islami sesungguhnya tidak ada, apalagi yang dimaksud mereka dengan pacaran islami adalah pacaran yang sehat dan yang tidak bermaksiat (katanya).
Akan tetapi mereka berjalan berduaan (lelaki & perempuan) dengan tanpa disertai mahramnya. Hal ini adalah sesuatu yang dilarang, karena Rasulullah saw. bersabda,
"Janganlah laki-laki berduaan dengan perempuan (lain) kecuali perempuan itu didampingi mahramnya, dan janganlah seorang perempuan melakukan perjalanan (musafir) kecuali didampingi mahramnya. (HR.Muslim)
"Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan perempuan (bukan mahram) karena yang ketiganya adalah syetan." (HR.Abu Dawud)

Perhatikanlah kedua hadist ini, sesungguhnya pacaran yang Islami yang dimaksud orang-orang sekarang tidaklah ada, saudara-saudariku.

Akan tetapi dibalik itu semua Islam mengajarkan Tahap perkenalan laki-laki dan wanita sebelum menikah (mungkin ini yang lebih baik disebut pacaran islami), hal ini perlu dilakukan karena dengan seorang mengenal pasangnya terlebih dahulu, itu akan menjadi jalan bertemunya hati dengan hati dan bersatunya jiwa dengan jiwa.
Karena diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. berkata,
"Aku berada di sisi Nabi saw, lalu datanglah seorang laki-laki kepada beliau seraya memberitahukan bahwa dia hendak menikah dengan seorang wanita Anshar. Lalu Rasulullah saw bertanya, 'Apakah engkau sudah melihatnya?' Dia menjawab, 'Belum.' Beliau bersabda, 'Pergilah dan lihatlah dia, karena pada mata orang-orang Anshar terdapat sesuatu.'" (HR.Muslim)

Jika ada yang bilang hadist ini kan hanya untuk melihat bukan untuk mengenal, maka kalau begitu bagaimanakah dengan sabda Rasulullah saw. ini,
"Wanita dinikahi karena empat faktor, karena harta kekayaannya, kedudukannya, kecantikannya, dan agamanya. Hendaknya pilihlah yang beragama agar berkah hidupmu." (HR.Muslim)

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian