Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » III. Pengangkatan Sebagai Rasul [3]

III. Pengangkatan Sebagai Rasul [3]

Umayyah bin Khalaf melemparkan budaknya yang bernama Bilal ke sebuah tempat yang sangat panas di Mekkah. Kemudian dia memerintahkannya agar kafir dan ingkar terhadap apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. Namun, siksaan itu tidak menambah sikap Bilal kecuali terus mengatakan, "Ahad...(Esa)...Ahad (Esa)." Sedangkan, Abu Jahal menyiksa Ammar dan kedua orang tuanya dengan siksaan yang sangat pedih hingga akhirnya dia membunuh Sumayyah, ibu Ammar. Maka, jadilah dia wanita yang syahid pertama kali di dalam Islam.
Sementara itu, Rasulullah terus mengatakan kepada mereka, "Sabarlah kalian wahai keluarga Yasir karena tempat kalian adalah surga." Abu Bakar terus membeli budak-budak yang disiksa itu dan kemudian memerdekakannya. Dia memerdekan Bilal, Amir bin Fuhairah, Zanirah, dan yang lainnya.

b. Dakwah dengan Terang-terangan dan Terbuka
Allah menurunkan firman-Nya,
"Dan berilah peringatan kepada kaum kerabatmu yang terdekat." (Asy-Syura: 214)

Maka, Rasulullah naik ke bukit Shafa dan memanggil orang-orang Makkah. Beliau bersabda, "Bagaimana pendapat kalian jika aku kabarkan pada kalian bahwa di lembah sana ada seekor kuda yang akan menyerang kalian, apakah kalian mempercayai apa yang aku ucapkan?" Mereka menjawab, "Ya, kami percaya karena kami belum pernah mendapatkan engkau berdusta." Maka, Rasulullah bersabda, "Ketahuilah bahwa sesungguhnya aku memberi peringatan kepada kalian tentang siksa yang sangat pedih."
Lalu, Rasulullah mengajak mereka untuk beriman kepada Allah. Maka, berkatalah pamannya sendiri yang bernama Abu Lahab, "Celaka engkau wahai Muhammad, apakah hanya untuk urusan ini mengumpulkan kami?" Allah menurunkan firman-Nya,
"Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa." (Al-Lahab: 1)

Setelah itu dia mulai berdakwah kepada kerabat-kerabatnya dan keluarga dekatnya. Allah berfirman,
"Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan apa-apa yang diperintahkan kepadamu dan berpalinglah dari orang-orang musyrik." (Al-Hijr: 94)

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian