Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » II. Perkembangan yang Mulia [4]

II. Perkembangan yang Mulia [4]

C. PERDAGANGAN DAN PERNIKAHAN
Tatkala Rasulullah berumur dua puluh lima tahun, beliau berangkat ke Syam untuk melakukan perdagangan milik Khadijah. Sekembalinya dari Syam, Khadijah memintanya untuk menikahinya tatkala dia melihat dengan mata kepala sendiri bahwa Rasulullah adalah seorang laki-laki yang memiliki sifat ksatria, jujur, dan amanah.
Maka, Rasulullah menikahi Khadijah. Khadijah adalah istri pertama Rasulullah dan ibu dari anak-anaknya (yaitu al-Qasim, Ath-Thayyib, Ath-Thahir, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, dan Fathimah. Dan Anak beliau yang terakhir adalah Ibrahim, ibunya Mariyah). Selain itu, Khadijah juga seorang wanita pertama yang masuk Islam. Rasulullah tidak pernah menikah dengan seorang wanita manapun selama hidup Khadijah. Khadijah memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat banyak. Di antaranya ia mendapatkan salam dari Allah sebagaimana sabda Rasulullah, "Jibril menyuruh Rasulullah untuk menyampaikan salam dari Tuhannya dan memberinya kabar gembira dengan satu rumah di surga yang terbuat dari kayu."

D. PENYENDIRIANNYA DI GUA HIRA
Allah menjadikan Rasulullah senang menyendiri dan tidak suka terhadap berhala-berhala yang dipuja-puja kaumnya. Maka, beliau pun menyendiri di Gua Hira' untuk melakukan ibadah dan memikirkan tentang pencipta semesta. Allah mempertumbuhkan Rasulullah dengan perkembangan yang baik. Dengan demikian, beliau menjadi sosok yang memiliki akhlak terbaik di tengah kaumnya. Sehingga, beliau mendapat gelar sebagai ash-Shadiq al-Amien 'Yang Jujur dan Amanah'.

E. PERILAKU DAN AKHLAKNYA
Rasulullah dikenal memiliki perilaku dan akhlak yang baik dalam semua fase perjalanan hidupnya. Dia adalah sosok yan senantiasa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, menjauhi minuman keras, dan tidak pernah duduk di tempat-tempat yang penuh dengan kesia-siaan. Aisyah berkata, "Akhlak Rasulullah adalah Al-Qur'an."

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian