Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » I. Pendahuluan

I. Pendahuluan

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (Al-Ahzab: 21)

Pada masa Fatrah (yakni antara diangkatnya Isa ke langit hingga diangkatnya Rasulullah sebagai Rasul) telah terjadi satu kerusakan moral yang demikian parah di tengah-tengah manusia. Di tengah-tengah kerusakan moral manusia itulah risalah Muhammad saw. datang. Risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad menghimpun semua misi kerasulan dan kenabian sebelumnya. Sekaligus sebagai penutup kerasulan dan kenabian serta menghapus semua kenabian sebelumnya. Artinya, kenabian Rasulullah Muhammad mencakup semua anak manusia di dunia.
Allah berfirman,
"Tidaklah Kami utus engkau kecuali kepada seluruh alam menjadi pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan." (Saba': 28)

Risalah Rasulullah adalah untuk semua tempat dan waktu. Oleh sebab itulah, bisa dipastikan bahwa pembawa risalah ini memiliki derajat dan kemampuan yang sanggup untuk membawa risalah tersebut yang Allah pilih dengan kelebihan-kelebihan khusus.
Keutamaan-keutamaan Nabi Muhammad saw adalah sebagai berikut.
1. Allah memilihnya dari bangsa Arab yang merupakan bangsa pertengahan. Beliau dijadikan dari tengah-tengah orang Quraisy yang merupakan kabilah paling utama di kalangan Arab. Sedangkan, nasabnya berasal dari yang paling mulianya golongan Quraisy yakni Bani Hasyim.
2. Negerinya berada di tengah-tengah yang memungkinkan dakwah menyebar ke segala penjuru.
3. Allah memilihnya dari satu umat yang sedikit nabi-nabinya sehingga beliau memiliki nilai yang demikian tinggi.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian