Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Allah Lebih Berhak Memberi Kemudahan Di Saat Kesulitan

Allah Lebih Berhak Memberi Kemudahan Di Saat Kesulitan

Rasulullah saw. bersabda,
"Allah mendatangkan salah seorang hambaNya pada hari Kiamat. Dia bertanya: 'Apa yang telah engkau kerjakan di dunia untukKu?' Ia menjawab: 'Aku tidak mengerjakan sesuatu apa pun untukMu, wahai Tuhanku, meski hanya sebesar biji atom pun di dunia, yang dengannya aku berharap kepadaMu.' Dia ucapkan hal itu tiga kali. Dan pada kalimat terakhirnya hamba itu pun berucap: 'Wahai Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah memberikan kepadaku kelebihan harta, dan aku adalah seorang yang berdagang bersama dengan orang-orang. Di antara tabiatku adalah mempermudah urusan. Maka aku berikan kemudahan kepada orang yang mampu dan memberi tangguh kepada orang yang dalam kesulitan.' Setelah itu Allah berfirman: 'Aku lebih berhak memberikan kemudahan itu, masuklah kamu ke dalam Surga.'" (Muttafaq 'alaih)

Di dalam hadist tersebut kita bisa lihat bahwasanya Allah tidak ingin hambaNya lebih pengasih dariNya, karena Dia-lah Ar-Rahman Ar-Rahim (Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang). Dan oleh karena itu, Allah langsung memasukkan orang itu ke surga tanpa ditanya dan diperhitungan, karena Dia ingin menunjukkan bahwa Dia lebih pantas memberi kemudahan, terutama di hari kiamat ketika semua manusia merasa kesulitan dengan perhitungan dan hiruk pikuknya hari kiamat.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian