Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » , » Keutamaan Hari Jum'at

Keutamaan Hari Jum'at

Rasulullah saw. bersabda,
"Pemimpin hari-hari di sisi Allah adalah hari Jum'at. Ia lebih agung daripada hari raya Adha dan Fithri. Di dalamnya terdapat keistimewaan, Allah menciptakan Adam pada hari itu menurunkannya dari surga ke bumi pada hari itu. Adam wafat pada hari itu dan di dalamnya terdapat suatu saat apabila hamba meminta sesuatu kepada Allah, maka Allah akan mengabulkannya selama ia tidak meminta suatu dosa atau pemutusan hubungan kekeluargaan. Dan pada hari itu terjadi kiamat. Setiap malaikat muqarrab, langit, bumi, angin dan batu merasa takut kepada hari Jum'at." (HR.Bukhari)

Hari Jum'at adalah hari yang lebih utama dibandingkan hari-hari lain. Karena pada hari itu banyak terjadi peristiwa-peristiwa yang penting.
Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda,
"Hari yang terbaik di saat matahari terbit adalah hari Jum'at. Pada hari itulah Nabi Adam diciptakan. Pada hari itulah dia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu pula ia dikeluarkan dari surga." (HR.Muslim)

Kita juga dianjurkan memperbanyak shalawat kepada Nabi saw. pada hari Jum'at agar pahalanya berlipat ganda, karena nilai amal shalih akan bertambah jika bertepatan dengan waktu atau tempat yang mulia.
Dari Aus bin Aus ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda,
"Sesungguhnya hari yang paling utama adalah hari Jum'at, maka perbanyaklah membaca shalawat untukku pada hari itu, karena shalawatmu pasti disampaikan kepadaku." (HR.Abu Daud)

Pada hari itu banyak orang yang akan dibebaskan dari neraka.
Berkata Imam al-Ghazali: "Disebutkan dalam khabar bahwa Allah membebaskan 600.000 orang dari api neraka pada setiap hari Jum'at."

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian