Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Sunnah Allah, Sunnah Rasulullah dan Sunnah Para Wali Allah menurut Ali bin Abu Thalib

Sunnah Allah, Sunnah Rasulullah dan Sunnah Para Wali Allah menurut Ali bin Abu Thalib

Ali bin Abi Thalib ra. berkata,
"Barangsiapa tidak ada padanya Sunnah Allah, Sunnah Rasulullah dan Sunnah Wali-wali Allah, maka tidaklah memiliki sesuatu yang berarti." Lalu ditanyakan kepadanya, "Apa Sunnah Allah itu?" Ali menjawab, "Menyimpan Rahasia." Ditanyakan lagi, "Apa sunnah Rasulullah?" beliau menjawab, "Berbuat ramah terhadap sesama manusia." Dan ditanyakan lagi, "Apa sunnah wali-wali Allah?" beliau pun menjwab, "Memikul beban (kesulitan) manusia."

Rahasia ialah segala sesuatu yang harus disembunyikan, supaya orang lain tidak mengetahui. Menyembunyikan rahasia orang lain adalah wajib.

Sedangkan maksud sikap ramah di sini adalah bermakna luas, yaitu maksudnya hendaklah berbuat baik kepada sesama manusia. Hal ini sebagaimana di isyaratkan oleh sabda Rasulullah saw,
"Sayangilah orang yang ada di bumi, niscaya engkau disayangi siapa yang ada dilangit." (HR.Thabrani & Hakim)
dan juga sabdanya,
"Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian tawadhu, hingga salah seorang dari kalian tidak sombong terhadap yang lain." (HR.Abu Daud & Ibnu Majah)

Sedangkan memikul beban disini adalah maksudnya membantu seseorang dikala ia kesulitan, Sebagaimana Rasulullah saw. bersabda,
"Barangsiapa meringankan orang mukmin dari salah satu kesempitan dunia maka Allah meringankannya dari salah satu kesempitan Hari Kiamat. Barangsiapa menutupi aib orang muslim maka Allah akan menutupi aibnya. Dan barangsiapa menghilangkan kesempitan dari orang mukmin maka Allah menghilangkan kesempitan darinya." (HR.Thabrani)

Selanjutnya

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian