Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » , » Anjuran Setelah Makan Menjilati Jari-jarinya

Anjuran Setelah Makan Menjilati Jari-jarinya

Dari Ibnu Abbas ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda,
"Apabila salah seorang di antara kamu selesai makan, maka janganlah membersihkan jari-jarinya sebelum menjilatinya sendiri atau orang lain menjilatinya." (Muttafaq 'Alaih)

Dalam hadist ini kita dianjurkan menjilati jari-jari atau sendok sebelum dilap atau dicuci serta larangan membiarkan sisa makanan menempel padanya.
Kenapa begitu?? Mungkin orang-orang yang tidak beriman dan tidak mempercayai apa yang diucapkan oleh Rasulullah saw. akan mengatakan bahwa 'islam agama yang jorok' karena sehabis makan disuruh menjilat-jilati jarinya.
Tapi tahukah anda? bahwa para dokter di dunia ini telah mengeluarkan suatu hasil dari penelitian yang mereka lakukan, bahwa seseorang yang makan dengan tangan dan menjilati jarinya setelah makan, akan membantu proses pembusukkan makanan di dalam perut, sehingga makanan tidak mengendap, dan menyebabkan penyakit di dalam tubuh.

Dan makna hadist yang kedua, adalah diperbolehkannya menjilati jari-jari orang lain yang memiliki hubungan saling mencintai dan percaya dengan harapan mendapat berkah dari orang yang dijilati jari-jariny serta tidak menjijikan, seperti anak dan orang-orang yang dicintai. Sebagaimana Nabi saw. pernah mengunyahkan makanan, kemudian makanan yang telah dikunyah itu diberikan kepada anak kecil.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian