Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Etika Buang Air (Istinja')

Etika Buang Air (Istinja')

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan oleh Orang Yang Hendak Buang Air
1. Ia mencari tempat yg sepi dari manusia dan jauh dari penglihatan merek, karena diriwayatkan bahwa jika Rasul saw. hendak buang air besar, maka beliau pergi hingga tidak dilihat siapa pun."(HR.Abu Daud & Tirmidzi)
... 2. Tidak membawa masuk apa saja yg di dalamnya terdapat dzikir kepada Allah, karena diriwayatkan bahwa rasul saw. mengenakan cincin yg ada tulisan Rasulullah, namun jika beliau masuk ke WC mak beliau melepasnya.(HR.Tirmidzi)
3. Masuk ke dalam toilet/WC dengan mendahulukan kaki kiri, sambil berdoa, "bismillahi innii a'udzubika minal khubutsi wal khabaits"
4. Tidak mengangkat pakaiannya agar auratnya tidak terbuka.
5. Tidak menghadap kiblat atau membelakanginya ketika buang air kecil/besar, karena Rasul saw. bersabda, "Janganlah kalian menghadap kiblat, dan jangan pula membelakanginya ketika buang air besar atau kecil."(Muttafaq alaih)
6. Tidak buan air kecil/besar di tempat berteduh manusia, atau di jalan mereka, atau di air mereka, atau di pohon-pohon mereka yg berbuah, karena dalil berikut:
Rasul saw. bersabda : "Takutlah kalian kepada tiga tempat yg dilaknat : buang air besar di aliran air, di jalan, dan di tempat berteduh."(HR.Hakim)
7. Tidak mengobrol ketika sedang buang air besar, karena rasul saw. bersabda : "Jika dua orang buang air besar, maka hendaklah setiap orang bersembunyi dari yg lain, dan keduanya jangan mengobrol karena Allah membencinya."


Alat Istinja'
1. Tidak beristinja' dengan tulang, atau kotoran hewan karena Rasulullah saw. bersabda,
... "Janganlah kalian beristinja' dengan kotoran hewan dan tulang, karena keduanya adalah makanan saudara-saudara kalian dari jin."(Muttafaq 'alaih)
Juga tidak beristinja' dengan apa saja yg di dalamnya terdapat manfaat, seperti pohon rami yg bisa digunakan, daun, dsb. Juga tidak beristinja' dengan sesuatu yg bernilai, seperti sesuatu yg bisa dimakan, karena meniadakan sesuatu yg bermanfaat, dan merusak sesuatu yg berguna itu haram.
2. Tidak cebok atau beristinja' dengan tangan kanan, dan tidak menyentuh kemaluaannya dengan tangan kanan, karena Rasulullah saw. bersabda,
"Janganlah salah seorang dari kalian menyentuh kemaluaanya dengan tangan kanannya, dan tidak cebok di WC dengan tangan kanannya."(Muttafaq 'alaih)
3. Melakukan istinja' dengan ganjil, misalnya beristinja dengan tiga batu. Jika merasa belum bersih, maka dengan lima batu, karena Salman ra. berkata, "Rasulullah saw. melarang kami menghadap kiblat ketika buang air besar/kecil, atau kami beristinja' dengan tangan kanan dengan batu kurang dari tiga, atau kami beristinja' dengan kotoran hewan, dan tulang."(HR.Muslim)
4. Jika ingin menggunakan air dan batu, maka terlebih dahulu menggunakan batu, kemudian dengan air. Jika cukup dengan salah satu dari keduanya, maka diperbolehkan, hanya saja dengan air itu lebih baik, krena Aisyah ra. berkata, "Perintahkan suami-suami kalian istinja' dengan air, karena aku malu kepada mereka, dan karena Rasulullah saw. terbiasa berbuat seperti itu."(HR.Tirmidzi)

ETIKA BUANG AIR (ISTINJA')

Apa Yang Harus Diperhatikan Usai Buang Air
1. Keluar dari WC dengan mendahulukan kaki kanan, karena Rasulullah saw. biasa berbuat seperti itu.
... 2. Membaca doa,
"Ghufroo naka."
"Ya Allah, ampunilah aku."(HR.Abu Daud & Tirmidzi)
Atau doa,
"Alhamdulillahilladzii adzhaba 'annil adzaa wa 'aafaanii."
("Segala puji bagi Allah yg telah menghilangkan gangguan dariku, dan memberi kesehatan kepadaku.")
Atau doa,
"Alhamdulillahilldzii ahsana ilayya fii awwalihi wa aakhirihi."
("Segala puji bagi Allah yg telah berbuat baik kepadaku pertama hingga terakhir.")
Atau doa,
"Alhamdulillahilladzii adzaaqonii ladzdzatahu wa abqoo fiyya quwwatahu wa adzhaba 'annii adzaahu."
("Segala puji bagi Allah yg telah merasakan kepadaku kelezatan-Nya, mempertahankan kekuatan-Nya kepadaku, dan menghilangkan gangguan-Nya dariku.")
Karena semua doa di atas ada hadistnya.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian