Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Manusia Baik, Manusia Buruk, Manusia Biasa

Manusia Baik, Manusia Buruk, Manusia Biasa

Ali ra. berkata,
"Jadilah engkau orang yang baik menurut Allah, dan orang yang paling buruk menurut dirimu sendiri, dan jadilah orang yang biasa di tengah-tengah manusia."

Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Syaikh Abdul Qadir al-Jailany ra. sebagai berikut,
"Apabila kamu bertemu seseorang yang kedudukannya lebih baik darimu, maka ucapkanlah: 'Bisa jadi ia menurut Alah lebih baik dan lebih tinggi derajatnya dariku'. Jika orang itu masih kecil, maka ucapkanlah: 'Anak ini belum durhaka kepada Allah tapi aku sudah, maka tidak diragukan lagi ia lebih baik dariku'. Jika orang itu besar, maka ucapkanlah: 'Orang ini telah beribadah kepada Allah sejak sebelumku'. Jika orang itu berilmu, maka ucapkanlah: 'Orang ini dianugerahi ilmu yang belum aku ketahui dan mencapai sesuatu yang belum aku capai, juga ia mengetahui apa yang belum aku tahu dan diapun berbuat didasari dengan ilmunya itu'. Jika orang itu bodoh, maka ucapkanlah: 'Orang ini durhaka kepada Allah karena ia belum tahu, tapi aku durhaka kepadaNya justru karena sudah tahu, dan akupun tidak tahu bagaimana nanti akhir hidupku dan akhir hidupnya'. Jika orang itu kafir, maka ucapkanlah: 'Saya tidak tahu pasti, bisa jadi ia masuk Islam dan mati khusnul khotimah, bisa jadi pula saya kafir dan mati su'ul khatimah'."

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian