Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Sabar (bag.1)

Sabar (bag.1)

Allah telah menyebutkan kata-kata sabar di sembilan puluh tempat dalam Al-Qur'an, yang ditambahi keterangan tentang berbagai kebaikan dan derajat yang tinggi serta menjadikan kebaikan dan derajat ini sebagai buah dari sabar. FirmanNya,
"Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar." (As-Sajdah: 24)
"Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israel, disebabkan kesabaran mereka." (Al-A'raf: 137)
"Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar." (An-Nahl: 96)

Ibnul Qayyim menjelaskan, "Tidak ada suatu amal untuk mendekatkan diri kepada Allah melainkan pahalanya diukur dan ditimbang dari kesabaran. Karena puasa itu berangkat dari kesabaran, maka Allah berfirman (hadist Qudsi), 'Puasa itu bagiku dan aku memberikan pahala dengannya.' Allah telah berjanji kepada orang yang sabar, bahwa dia akan termasuk dalam golongan orang-orang yang sabar. Allah menghimpun berbagai perkara bagi orang-orang sabar, yang tidak pernah dihimpun bagi orang selain mereka. FirmanNya,
"Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (Al-Baqarah: 157)

Nabi saw. pernah ditanya tentang iman, dan beliau menjawab,
"Iman adalah bersikap sabar dan toleransi." (HR.Ahmad)
Beliau juga bersabda,
"Kesabaran dalam iman itu seperti kedudukan kepala dari tubuh." (HR.Dailamy)
Nabi saw. juga bersabda,
"Tidaklah seseorang diberi karunia yang lebih baik dan lebih luas, selain dari kesabaran." (HR.Syaikhan)

Al-Hasan berkata, "Kesabaran itu salah satu dari berbagai harta simpanan yang baik. Allah tidak memberikannya kecuali kepada seorang hamba yang mulia di sisiNya."

Abdurrahman bin Auf ra. berkata, "Kami ditimpa kesempitan lalu kami pun bersabar. Namun ketika kami diuji dengan kelapangan, justru kami tidak sabar."

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian