Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Berlebihan Dalam Makan Dan Minum

Berlebihan Dalam Makan Dan Minum

Nabi saw. bersabda,
"Janganlah sekali-kali kalian makan dan minum terlalu kenyang, karena sesungguhnya hal tersebut dapat merusak tubuh, dan dapat menyebabkan malas mengerjakan shalat, dan pertengahanlah kalian dalam kedua hal tersebut, karena sesunguhnya hal ini lebih baik bagi tubuh, dan menjauhkan diri dari berlebih-lebihan (israf)." (HR.Bukhari)

Makan melebihi sekenyang perut dilarang oleh agama karena dapat mengakibatkan tubuh orang yang bersangkutan menjadi rusak dan malas mengerjakan shalat. Sehubungan dengan hal ini Allah telah berfirman,
"Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (Al-A'raf: 31)

Agam menganjurkan agar dalam makan dan minum itu secara pertengahan saja; cara ini membuat tubuh menjadi sehat dan terhindar dari sifat berlebih-lebihan yang dilarang oleh ayat di atas. Apabila seseorang tidak dapat menghindarinya dari hal tersebut, maka lakukanlah sepertiga isi perut untuk makan, sepertiganya lagi untuk minum, sedangkan sepertiga lainnya untuk bernafas.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian