Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Syarat-syarat Sah Shalat (1)

Syarat-syarat Sah Shalat (1)

Syarat-syarat shalat sebelum melakukannya ada 5 hal, yaitu;
1. Anggota badan harus suci dari hadast (kecil & besar) dan najis.
Berdasarkan firman Allah,
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai kedua mata kaki. Dan jika kamu junub, maka mandilah." (Al-Maidah: 6)
Dan juga berdasarkan hadist-hadist yang telah disebutkan dalam fiqih wudlu.
Masalah Najis, berdasarkan di mana Nabi saw. memerintahkan agar mencuci dari najis-najis. Seperti sabda beliau kepada Fathimah binti Abu Hubaisy ra,
"Apabila haid datang, maka tinggalkanlah shalat; dan jika telah hilang sebagiannya, maka bersihkanlah darah dari kamu dan shalatlah."
Dan juga hadist tentang Ali ra. yang diperintahkan agar membasuh madzi, yang telah disebutkn dalam fiqih thaharah. Juga diqiaskan dengan pakaian bersih, yang diperintahkan dalam firman Allah,
"Dan pakaianmu, bersihkanlah." (Al-Muddatstsir: 5)

2. Berdiri di tempat suci
Masalah ini diqiaskan dengan pakaian yang suci, dan juga hadist tentang seorang arab dusun yang kencing di sekitar masjid.

3. Menghadap Kiblat
Allah berfirman,
"Dan di mana saja kalian berada, palingkanlah muka kalian ke arahnya (ka'bah)." (Al-Baqarah: 144)
Hanya saja orang yang tidak bisa menghadap kiblat karena takut, atau sakit, atau karena sebab lain, maka syarat menghadap kiblat gugur darinya. Musafir diperbolehkan pindah arah di atas kendaraannya sesuai dengan ke mana kendaraannya mengarah, ke arah kiblat, atau tidak, karena diriwayatkan "bahwa Rasulullah saw. shalat di atas hewan kendaraannya dalam kepulangannya dari makkah ke madinah ke mana pun hewan kendaraannya mengarah." (HR.Muslim)

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian