Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Sunnah-sunnah Wudlu (1)

Sunnah-sunnah Wudlu (1)

Sunnah-sunnah Wudlu itu jumlahnya amat banyak, dan akan kami sebutkan sunnah-sunnahnya yang paling utama, yaitu:
1. Menyebut nama Allah ketika memulai wudlu dengan berkata, "Bismillah", karena Nabi saw. bersabda,
"Tidak ada wudlu bagi orang yang tidak menyebutkan nama Allah padanya." (HR.Ahmad & Abu Dawud)
2. Membasuh/mencuci kedua telapak tangan hingga tiga kali sebelum dimasukkan ke dalam tempat wudlu
3. Berkumur-kumur
4. Intinsyaq (menghirup air dengang hidung dan istintsar (mengeluarkan air dengan hidung)
5. Mengusap seluruh kepala.
Dalil dari sunnah-sunnah wudlu yang empat ini adalah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari hadist Abdullah bin Zaid ra. Beliau ditanya tentang wudlu Rasulullah saw. lalu beliau meminta satu bejana air, kemudian beliau memperlihatkan kepada mereka (para penanya) bentuk wudlunya Nabi saw. beliau alirkan air dari bejana dan membasuh tangannya sampai tiga kali, kemudian memasukkan tangannya dalam bejana. Lalu berkumur, menghirup air dengan hidungnya dan menghembuskannya dengan tiga kali cidukan. Kemudian memasukkan tangannya dan membasuh wajahnya tiga kali. Kemudian membasuh tangannya sampai siku dua kali. Kemudian memasukkan lagi tangannya dan mengusap kepalanya dari depan dua kali dan dari belakang sekali. Kemudian membasuh kedua kakinya sampai mata kaki.
6. Mengusap kedua telinga, luar dan dalamnya dengan air yang baru.
Sebagaimana diriwayatkan Tirmidzi dari Ibnu Abbas ra. "bahwasanya Nabi saw. mengusap (seluruh) kepalanya dan kedua telinganya luar dan dalamnya."
Dalam riwayat Nasa'i, "beliau saw. mengusap kepala dan telinganya. Bagian dalam dengan jari telunjuk dan bagian luar dengan jempol."
Al-Hakim meriwayatkan dari Abdullah bin Zaid ra. dalam hal bentuk dari wudlunya Rasulullah saw. bahwasanya beliau saw. berwudlu, lalu mengusap kedua telinganya dengan air yang bukan bekas dipakai untuk mengusap kepalanya.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian