Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Darah Nifas

Darah Nifas

Darah Nifas ialah darah yang keluar dari vagina wanita setelah persalinan, dan tidak ada batasan minimalnya. Oleh karena itu, kapan saja darah nifas seorang wanita terhenti, maka ia mandi, dan shalat, kecuali hubungan suami-istri, karena dimakruhkan terhadapnya dengan makruh tanzih sebelum 40 hari setelah persalinan karena dikhawatirkan menyakitkannya. Adapun batas maksimal keluarnya darah nifas ialah 40 hari, karena diriwayatkan bahwa Ummu Salamah ra. berkata,
"Wanita-wanita nifas itu duduk (tidak shalat, tidak puasa, dan tidak melakukan hubungan suami-istri) selama 40 hari."

Ummu Salamah ra. berkata,
"Aku pernah bertanya kepada Rasulullah saw. 'Berapa hari wanita harus duduk setelah melahirkan?' Rasulullah saw. bersabda, '40 hari, kecuali jika melihat darahnya terhenti sebelum itu'." (HR.Tirmidzi)

Jadi, jika wanita nifas telah menjalani nifas selama 40 hari, ia harus mandi, shalat, dan puasa, meskipun darahnya belum terhenti. Jika darahnya tidak terhenti selama 40 hari, maka ia seperti wanita mustahadhah, dan hukum untuk dirinya sama persis seperti hukum untuk wanita mustahadhah.

Sebagian ulama berpendapat bahwa wanita menjalani nifas selama 50 hari, atau 60 hari. Sedang batasan ia menjalani nifas selama 40 hari, itu sebagai bentuk kehatian-hatian terhadap agamanya.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian