Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Empat Hal Yang Dapat Merusak Orang Beriman

Empat Hal Yang Dapat Merusak Orang Beriman

Syahid Al-Balkhi rah. berkata :
"Aku telah memilih 400 hadist dari 4000 hadist; dari 400 hadist itu aku memilih 40 hadist; dan dari 40 hadist itu aku simpulkan menjadi empat masalah, yaitu :
1. Janganlah kamu mengikatkan hatimu kepada seorang wanita, karena ia hari ini untukmu dan esok hari untuk orang lain. Apabila kamu patuh kepadanya, niscaya ia akan memasukkan kamu ke dalam neraka.
2. Janganlah kamu mengikatkan hatimu kepada harta benda, karena harta benda itu merupakan barang pinjaman, hari ini untukmu dan esok hari untuk orang lain. Oleh karena itu, janganlah kamu bersusah payah untuk kepentingan orang lain, sehingga yang merasa enak orang lain, sedangkan dosanya kamu yang menanggungnya. Apabila kamu mengikatkan hati dengan harta, niscaya harta itu akan menghalangimu untuk menunaikan kewajiban kepada Allah, dan kamu akan merasa takut miskin, serta kamu akan selalu menuruti setan.
3. Tinggalkan apa yang meragukan di dalam hatimu, karena sesungguhnya hati orang beriman itu merasa bimbang dalam hal yang syubhat, lari dari yang haram, dan tenang dalam hal yang halal.
4. Janganlah kamu mengerjakan sesuatu sebelum mengerti benar bagaimana nanti kamu menjawab (di hadapan Allah)."

(Tanbihul Ghafilin)

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian