Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Masa Haid

Masa Haid

Usia haid biasanya antara 12 sampai dengan 50 tahun. Dan kemungkinan seorang wanita sudah mendapatkan haid sebelum usia 12 tahun, atau masih mendapatkan haid sesudah usia 50 tahun. Itu semua tergantung pada kondisi, lingkungan dan iklim yang mempengaruhinya.

Jangka waktu haid minimal sehari semalam, dan paling lama 15 hari, namun biasanya 6 atau 7 hari. Saat-saat suci wanita minimal tiga 14 atau 15 hari, dan saat-saat suci maksimal tidak ada batasnya, namun biasanya 23 atau 24 hari.
Sebagaimana yang diriwayatkan dari Hamnah binti Jahsy ra. ia berkata,
"Aku pernah mengeluarkan darah istihadhah (penyakit) yang sangat banyak. Aku lalu menemui Nabi saw. dengan maksud meminta fatwa kepada beliau." Maka beliau bersabda,
"Yang demikian itu adalah gangguan dari setan. Oleh karena itu, anggaplah masa haidmu 6 atau 7 hari, kemudian mandilah. Jika kamu telah suci, maka shalatlah selama 24 atau 23 hari.." (HR.Imam Lima kecuali an-Nasa'i)

Terkait dengan haid, wanita terbagi ke dalam tiga jenis: Mubtada'ah, Mu'tadah, dan Mustahadhah. Masing-masing dari ketiga jenis ini mempunyai hukum tersendiri. Insya Allah penjelasannya segera menyusul.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian