Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Sunnah-sunnah Di Dalam Shalat

Sunnah-sunnah Di Dalam Shalat

1. Membaca satu surat, atau satu dua ayat dari surat Al-Qur'an setelah membaca Al-Fatihah di shalat shubuh, di dua raka'at selainnya (Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya), karena diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. membaca Ummul Kitab (Al-Fatihah) dan dua surat pada shalat zhuhur, dan pada dua raka'at berikutnya dengan ummul kitab saja. Kadang-kadang beliau memperdengarkan Al-Qur'an kepada para sahabat (dalam shalatnya). (Muttafaq 'alaih)

2. Membaca, "Sami'allahu liman hamidah, rabbana lakal hamdu (Allah mendengar orang yang memujinya, wahai Tuhan kami, bagiMu segala pujian)," bagi imam atau orang yang shalat sendirian. Dan membaca, "Rabbana lakal hamdu," bagi makmum, karena Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah saw. membaca, "Sami'allahu liman hamidah," ketika mengangkat punggungnya dari ruku', kemudian beliau berkata ketika telah berdiri, "Rabbana lakal hamdu." (Muttafaq 'alaih)
Juga karena Nabi saw. bersabda,
"Jika imam berkata, 'Sami'allahu liman hamidah,' maka katakan, 'Allahumma rabbana lakal hamdu'." (HR.Muslim)

3. Membaca, "Subhaana rabbiyal adzim (Mahasuci Allah Yang Maha Agung)," tiga kali ketika ruku', dan membaca, "Subhaana rabbiyal a'la (Mahasuci Allah Yang Mahatinggi)," ketika sujud, karena ketika ayat berikut turun kepada Nabi saw., "Maka sucikan nama Tuhanmu Yang Mahaagung," maka beliau bersabda, "Jadikan bacaan tersebut di ruku' kalian." Dan ketika ayat berikut turun, "Sucikan nama Tuhanmu Yang Mahatinggi," maka Rasulullah saw. bersabda, "Jadikan bacaan tersebut di sujud kalian." (HR.Ahmad & Abu Daud)

4. Takbir kepindahan dari berdiri ke ruku, dari berdiri ke sujud, dari sujud ke duduk, dan dari duduk ke berdiri, karena hal itu dilakukan Rasululullah saw.

5. Tasyahud awal, dan membaca shalawat padanya.

6. Membaca Al-Fatihah dan surat dengan suara keras pada shalat-shalat jahriyah (dua raka'at pertama Maghrib & Isya, dan pada shalat Shubuh)

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian