Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Sifat Jaiz bagi Allah

Sifat Jaiz bagi Allah

Kalau sudah diyakini sifat yang 20 yang wajib ada pada Tuhan, dengan sendirinya kita mengetahui 20 sifat yang mustahil (tidak mungkin ada) pada Tuhan, yaitu lawan dari 20 sifat yang telah kami sebutkan.

Dengan mengetahui yang 20 wajib dan 20 yang mustahil maka kita sudah membayarkan yang bertalian dengan I'itiqad tentang Ketuhanan.

Tinggal satu lagi, yaitu yang "Jaiz" bagi Tuhan. Arti jaiz di sini ialah boleh Dia kerjakan dan boleh tidak.

Allah bersifat jaiz (boleh membuat dan boleh pula tidak memperbuat) seluruh pekerjaan yang mungkin atau tidak mungkin diadakan, Tuhan tidak dipaksa untuk membuat atau untuk tidak membuat.
Allah berfirman tentang sifat ini,
"Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepadamu, dan jika Dia menghendaki, pasti Dia akan mengazabmu." (Al-Isra: 54)

Demikian 20 sifat yang wajib, 20 sifat yang mustahil dan 1 sifat yang harus bagi Tuhan semesta alam, yang wajib diketahui secara mendalam oleh setiap muslim yang sudah baligh dan mempunyai aqal.

Orang yang tidak mengetahui secara mendalam sifat-sifat ini, niscaya ia tidak akan mengerti dan tidak akan yakin hal-hal yang bertalian dengan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian