Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Kedudukan Orang yang Mentaati Allah dan Rasul-Nya {bagian 3}

Kedudukan Orang yang Mentaati Allah dan Rasul-Nya {bagian 3}

Inilah makna sabda Rasulullah saw. di dalam hadist yang lain:
"Ya Allah, (aku memilih bersama) ar-rafiiqul a'la."
Beliau saw. mengucapkannya tiga kali, kemudian beliau wafat, atasnyalah shalawat dan salam yang paling utama.

Sebab-sebab turunnya ayat yang mulia ini.

Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas, bahwa seorang laki-laki mendatangi Nabi saw. dan berkata: "Ya Rasulullah! Sesungguhnya aku mencintaimu, hingga aku selalu mengingatmu di rumah. Cinta itu terasa berat bagiku dan aku sangat senang jika sederajat bersamamu." Nabi saw. tidak menjawab sepatah katapun, lalu Allah menurunkan ayat ini.

Di dalam Shahih Muslim, diriwayatkan dari Rabi'ah bin Ka'ab al-Aslami bahwa ia berkata: "Dahulu aku bermalam di sisi Rasulullah saw, lalu aku menyiapkan air wudhu' dan keperluannya. Beliau berkata padaku: 'Mintalah.' Aku menjawab: 'Ya Rasulullah, aku minta bersamamu di dalam Surga.' Beliau berkata lagi: 'Selain itu.' Aku menjawab: 'Itulah yang aku minta.' Beliau saw. menjawab: 'Bantulah aku untuk dirimu dengan memperbanyak sujud.'

Imam Ahmad meriwayatkan, dari Sahl bin Mu'adz bin Anas, dari ayahnya, bahwa Rasulullah saw. bersabda:
"Barangsiapa yang membaca seribu ayat di jalan Allah, niscaya Allah akan mencatatnya pada hari Kiamat bersama para Nabi, shiddiqin, syuhada' dan shalihin. Itulah sebaik-baiknya teman, insya Allah."

At-Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Sa'id, ia berkata: "Rasulullah saw. bersabda:
'Pedagang yang jujur lagi amanah akan bersama para Nabi, shiddiqin dan syuhada'." (Kemudian dia berkata: "Hadist ini hasan yang kami tidak ketahui kecuali dari jalan ini.")

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian