Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Pembagian Manusia Menurut Para Ulama

Pembagian Manusia Menurut Para Ulama

Manusia terbagi menjadi empat kelompok besar:

Pertama: Pecinta dunia murni, yaitu mereka yang berpaling dari akhirat.

Kedua: Pecinta agama yang rusak, yaitu orang-orang kafir, pelaku-pelaku bid'ah yang beragama tidak sesuai dengan apa yang disyariatkan oleh Allah.

Ketiga: Manusia pemeluk agama yang shahih, yaitu pemeluk Islam yang berpegang teguh dengan al-Kitab dan as-Sunnah serta Jamaah - segala puji bagi Allah yang telah memberi kita petunjuk dari agama ini, dan tidaklah kita mendapat petunjuk sekiranya bukan karena petunjuk dari Allah dengan diutusnya seorang Rasul-.

Keempat: Orang yang diberikan oleh Allah ilmu dan harta kemudian ia menggunakannya untuk ketaatan kepada Allah. Seseorang berkata, "Jikalau sekiranya aku memiliki seperti yang dimiliki oleh si Fulan itu, maka aku akan beramal sepertinya." Maka Rasulullah saw. bersabda, "Keduanya mendapat pahala yang sama." (HR.Tirmidzi)

At-Tirmidzi meriwayatkan hadist ini secara panjang dan ia berkata, "Hadist ini hasan shahih." Kesamaan di dalam pahala dan dosa pada hadist ini adalah orang yang berkata demikian dan ia jujur terhadap perkataannya, maka Allah mengetahui akan keinginannya tersebut dan tidak akan berbeda perbuatan darinya kecuali perbedaan kemampuan dan ini adalah kesamaan dalam ganjaran dan dosa.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian