Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Durhaka Kepada Kedua Orang Tua {bag.1}

Durhaka Kepada Kedua Orang Tua {bag.1}

Allah berfirman,
"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah melainkan kepadaNya dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'Ah' dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan mulia, dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh sayang..." (Al-Isra': 23-24)

Allah juga berfirman,
"Dan kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu bapaknya..." (Al-Ankabut: 8)

Nabi saw. bersabda,
"Maukah aku tunjukkan kepada kalian dosa besar yang paling besar?"... lalu beliau menyebutkan di antaranya adalah: "Durhaka kepada kedua orang tua". (Muttafaq 'alaih)

Dan Nabi saw. juga bersabda,
"Keridhaan Allah terletak kepada keridhaan orang tua, dan kemurkaan Allah terletak pada kemukarkaan orang tua." (HR.Hakim)

Kemudian dari beliau,
"Orang tua adalah (sarana untuk mendapatkan) pintu surga yang tengah-tengah, maka jika engkau mau, silahkan engkau jaga, dan jika engkau mau, silahkan engkau sia-siakan." (HR.Tirmidzi)

Dan dari beliau saw. bersabda,
"Surga itu berada di bawah telapak kaki para ibu." (al-Kaba'ir)

Kemudian,
"Seorang laki-laki datang meminta izin (kepada Rasulullah saw.) untuk berangkat jihad bersama beliau, maka beliau bertanya, 'Apakah kedua orang tuamu masih hidup?' Laki-laki itu menjawab, 'Ya'. Beliau bersabda, 'Maka kepada mereka berdualah hendaknya engkau berjihad'." (Muttafaq 'alaih)

Nabi saw. juga bersabda,
"Ibumu, bapakmu, saudarimu, saudaramu, dan seterusnya ke bawah." (HR.Muslim)

Dan diriwayatkan dari Nabi saw. bahwasanya beliau bersabda,
"Tidak akan masuk surga, orang yang durhaka (kepada kedua orang tuanya), tidak pula orang yang menyebut-nyebut sedekah (pemberian)nya, dan tidak juga pecandu minuman keras, serta tidak pula orang yang membenarkan sihir." (HR.Nasa'i)

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian