Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Sifat Lemah Lembut Rasulullah yang Mesti Diikuti Umatnya

Sifat Lemah Lembut Rasulullah yang Mesti Diikuti Umatnya

Aisyah ra. berkata,
"Rasulullah saw. tidak pernah sekalipun memukul sesuatu dengan tangannya, tidak pula kepada istrinya, dan tidak pula kepada pembantunya, kecuali pada waktu perang di jalan Allah. Beliau tidak pernah sekalipun disakiti lalu hendak membalas pelakunya, kecuali ketika ketika hukum Allah dilanggar sampai beliau menindak pelakunya karena Allah saw." (HR.Muslim)

Ibnu Mas'ud ra. berkata,
"Aku pernah menyaksikan Rasulullah saw. bercerita tentang seorang Nabi-nabi as. yang dipukuli oleh kaumnya hingga berdarah. Sambil mengusap darah di wajahnya, Nabi tersebut berdoa, 'Ya Allah, ampunilah kaumku karena mereka tidak mengetahui.'" (Muttafaq 'Alaih)

Dua hadist ini menerangkan kepada kita tentang kemuliaan akhlak Rasulullah saw. yaitu tentang kelemah lembutan, kesabaran dan kasih sayang beliau kepada siapa pun, meskipun ia berbuat salah, selama perbuatan itu sesuatu yang tidak melanggar syariat. Dan kita sebagai umat beliau harus meneladani sifat ini.
Ada sesuatu hadist yang amat mulia, dari Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda,
"Orang kuat itu bukanlah yang menang dalam gulat. Sesungguhnya, orang kuat ialah yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah." (Muttafaq 'Alaih)

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian