Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Memakan Riba

Memakan Riba

Allah berfirman,
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba) maka ketahuilah bahwa Allah dan RasulNya akan memerangimu." (Al-Baqarah: 278-279)

Allah juga berfirman,
"Orang-orang yang makan (mengambil) riba, tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran penyakit gila..."
Hingga FirmanNya,
"Orang yang mengulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya." (Al-Baqarah: 275)

Ini adalah ancaman yang besar, yaitu kekal di dalam neraka, sebagaimana yang Anda lihat, bagi orang yang kembali memakan (menggunakan) harta riba setelah datangnya nasihat. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali karena pertolongan Allah.

Nabi saw. bersabda,
"Allah melaknat orang yang memakan harta riba dan orang yang memberikannya." (HR.Muslim)
dan dalam riwayat Tirmidzi ada tambahan,
"..juga dua orang yang menjadi saksi dan juru tulisnya."

Nabi saw. juga bersabda,
"Orang yang memakan riba dan orang yang memberikannya, serta juru tulisnya apabila mereka mengetahui hal itu, maka mereka terlaknat melalui lisan Muhammad saw. pada Hari Kiamat." (HR.Nasa'i)

Dan Nabi saw. bersabda,
"Jauhilah tujuh dosa yang membinasakan." Mereka bertanya, "Apa saja itu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar, memakan harta riba, memakan harta anak yatim, melarikan diri dari medan pertempuran, menuduh wanita-wanita beriman yang terpelihara (oleh Allah) tetapi lengah dari perbuatan yang membuatnya tertuduh berbuat zina." (Muttafaq 'Alaih)

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian