Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Ilmu (1)

Ilmu (1)

Tentang keutamaan ilmu, dan mempelajarinya

Pembahasan tentang keistimewaan ilmu banyak ditemukan dalam Al-Qur'an, di antaranya dalam firman Allah,
"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat."(Al-Mujadilah: 11)

Ibnu Abbas ra. berkata, "Orang-orang yang berilmu mempunyai derajat, sebanyak tujuh ratus kali derajat diatas orang beriman. Jarak di antara dua derajat adalah sejauh perjalan selama lima ratus tahun."

Allah berfirman,
"Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui."(Az-Zumar: 9)

Rasulullah bersabda,
"Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan pada dirinya, maka diberiNya pemahaman masalah agama."(HR.Syaikhan)

Ibnu Mas'ud berkata : "Ada du macam kerakusan yang tidak membosankan, yaitu : menuntut ilmu dan mengumpulkan harta, akan tetapi keduanya tidak sama. Orang yang menuntut ilmu semakin mendapatkan ridha Allah, sedangkan orang yang mengumpulkan harta semakin bertambah kesesatannya." Kemudian ia membaca ayat,
"Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepadaNya, hanyalah para ulama."(Fathir: 28)

Ibnu Abbas berkata, "Menuntut ilmu sesaat (satu jam) lebih baik dari ibadah semalam penuh, dan menuntu ilmu sehari lebih baik daripada puasa tiga bulan."

Sakhbarah berkata, "Barangsiapa yang menuntut ilmu, maka menjadi penebus dosa-dosa yang telah lalu."

Aisyah berkata, "Barangsiapa yang berpindah untuk belajar suatu ilmu, maka akan diampunkan (dosanya) baginya sebelum ia melangkahkan kakinya."

Ibnu Abbas berkata, "Nabi sulaiman as. diberi kesempatan untuk memilih antara harta, kerajaan dan ilmu, maka ia memilih. Kemudian ia diberi (memperoleh) kerajaan dan harta, disebabkan oleh ilmunya."

Anas bin Malik berkata, "Ulama adalah pewaris para Nabi, mereka dicintai oleh ahli langit, dan didoakan oleh ikan di laut, jika mereka mati hingga hari kiamat."

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian