Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Najis 2

Najis 2

Cara Menghilangkan najis itu ada banyak caranya, yaitu:
- Najis yang diakibatkan oleh babi atau anjing, bisa dihilangkan najisnya dan disucikan dengan cara dibasuh tujuh kali dan salah satu dari basuhan itu dicampur dengan debu/tanah.
Rasulullah bersabda,
"Sucinya bejana (wadah) salah seorang di antara kalian, jika dijilat oleh anjing, ialah dengan mencucinya sebanyak tujuh kali, yang terakhirnya atau yang pertama dengan debu/tanah."(HR.Tirmidzi, aslinya dalam muslim)
- Sedangkan najis yang diakibatkan oleh selain anjing dan babi maka bisa suci dengan cara dibasuh dengan air sekali saja, tetapi lebih afdhol jika digosok dan dibasuh dengan air tiga kali basuhan.
- Cara mensucikan najis hukmiyyah (najis yang tidak kelihatan) ialah cukup disiram dengan air.
- Sedangkan najis ainiyah (najis yang kelihatan) ialah dengan cara menghilangkan najisnya (bau,rasa,warna).
- Dan cara mensucikan najis kencingnya bayi laki-laki dibawah umur dua tahun yang tidak makan kecuali asi, maka cukup memercikkan air ke tempat yang terkena najis.
Rasulullah bersabda,
"Air kencing bayi perempuan itu harus dicuci, sedangkan air kencing bayi laki-laki itu cukup dipercikan air."(HR.Abu Daud & Nasa'i)

Hukumnya air yang telah digunakan untuk mencuci suatu tempat ialah seperti hukumnya tempat yang dicuci setelah air tersebut terpisah dari tempat itu dengan syarat tidak ada perubahan pada air tersebut, (Jika tempatnya itu dihukumi suci maka airnya dihukumi suci dan begitu pula sebaliknya).
Dimaafkan najis yang diakibatkan oleh darah yang sedikit dan nanah yang sedikit yang keluar dari jerawat, bisul, atau luka.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian