Bantuan untuk dakwah

Bagi para Pengunjung mohon bantuan untuk mengklik iklan-iklan yang ada dalam blog ini karena dengan mengklik iklan sama dengan anda menyumbang Rp.10,- . Uang yang di dapat dari iklan-iklan yang ada di dalam blog ini digunakan untuk kepentingan dakwah islam dan blog ini sendiri. Syukron
Home » » Tentang Perintah Mengucapkan Salam

Tentang Perintah Mengucapkan Salam

Dari Abdullah bin 'Amr bin 'Ash ra. berkata bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah saw., "Ajaran Islam manakah yang terbaik?"
Beliau saw. menjawab, "Memberi makan orang lain, mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal, dan kepada orang yang tidak kamu kenal."(HR.Syaikhan)

Keterangan :
- Anjuran untuk memberi makan orang lain karena dapat merekatkan hati dan menambah kecintaan serta menunjukkan kemulian jiwa.
- Anjuran untuk mengucapkan salam kepada orang yang dikenal atau tidak dikenal (dari kaum muslimin). Hukum mengucapkan salam adalah sunnah mu'akkad bagi individu dan sunnah kifayah bagi sekelompok orang. Sedangkan hukum menjawab salam itu wajib kifayah bagi sekelompok orang dan wajib 'ain bagi individu. Mengucapkan salam lebih baik daripada menjawabnya. Mengucapkan salam secara khusus disebut bersama memberi makan orang lain karena keduanya merupakan sarana mendatangkan cinta di antara sesama muslim.
- Ucapan salam tidak dapat digantikan oleh bentuk-bentuk penghormatan lain, seperti ucapan selamat pagi, selamat datang, dan lainnya.
(Nuzhatul Muttaqin)

Total Pengunjung

Google+ Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Followers

Pencarian

Memuat...