Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Rasul-RasulNya

Rasul-RasulNya

Mereka adalah para nabi yang diperintahkan menyampaikan wahyu Allah.
Rukun iman keempat adalah beriman kepada para rasul, artinya meyakini bahwa Allah telah mengutus mereka kepada umat agar mendapat petunjuk, menyempurnakan kehidupan dunia dan akhirat mereka. Allah menguatkan para rasul dengan mukjizat yang menunjukkan kebenaran mereka, dan mereka telah menyampaikan risalah Allah, menjelaskan apa yang harus dijelaskan bagi orang-orang mukallaf. Para rasul wajib dihormati dan tidak boleh dipisah-pisah antara mereka, dan mereka adalah orang yang terjaga dari perbuatan dosa kecil dan besar.

Ketahuilah, bahwa jumlah rasul itu sebanyak 313, namun sebagian berpendapat jumlahnya 315 rasul. Diwajibkan bagi seorang mukallaf beriman kepada 25 rasul di antara mereka secara terperinci, yaitu ; Adam, Idris, Nuh, Hud, Shaleh, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Ya'qub, Yusuf, Ayyub, Syu'aib, Musa, Harun, Ilyasa', Daud, Sulaiman, Ilyas, Yunus, Zakaria, Yahya, Uzair, Isa, dan Muhammad saw.
Sebagian menambahkan Dzulkifli, tetapi sebagian berpendapat itu adalah Ilyas, pendapat lain menyebutkan itu adalah Zakaria, dan ada yang berpendapat lain.

Rasul yang paling utama diantara mereka adalah rasul ulul azmi, artinya nabi yang mendapatkan cobaan lebih besar dan banyak bersabar. Mereka adalah Muhammad, Ibrahim, Musa, Isa, Nuh.
Urutan kemuliaan yang ada pada mereka adalah sesuai urutan penyebutan diatas. Yaitu Nabi & Rasul yang paling mulia adalah Muhammad saw.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian