Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Shalawat

Shalawat

Allah berfirman,
"Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bershalawat kepada Nabi, wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian kepada Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (Al-Ahzab: 56)

Rasulullah saw. bersabda,
"Barangsiapa mengucapkan shalawat untukku sekali, maka Allah memberi shalawat untuknya sepuluh kali." (Muttafaq 'alaih)

Seorang sahabat berkata kepada Rasulullah saw. : "Allah memberi shalawat sepuluh kali kepada siapa yang mengucapkan shalawat untukmu. Apakah itu berlaku bagi siapa yang hadir di hatinya?". Maka Nabi saw. bersabda,
"Tidak, tetapi bagi setiap orang yang mengucapkan shalawat untukku dalam keadaan lalai. Allah memberinya pahala seperti gunung, sedangkan para malaikat mendoakan dan memohonkan ampun baginya. Adapun bila hadir hatinya diwaktu bershalawat untukku, maka tiada yang dapat mengetahui kadarnya selain Allah." (Tanqihul Qaul)

Dalam ibadah-ibadah yang lain, Allah memerintahkan kepada hamba-hambaNya untuk mengerjakannya, namun khusus dalam membaca shalawat, Allah menyebutkan bahwa Allah sendiri bershalawat atasnya, kemudian memerintahkan kepada para malaikatNya, baru kepada orang-orang yang beriman untuk bershalawat atasnya. Dengan penjelasan ini, dapat dimengerti bahwa shalawat merupakan ibadah yang sangat utama.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian