Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Keutamaan Iman

Keutamaan Iman

Allah berfirman,
"Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman; semuanya beriman kepada Allah, Malaikat-malaikatNya, Kitab-kitabNya dan Rasul-rasulnya; (mereka mengatakan), 'Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun dari Rasul-rasulNya'."(Al-Baqarah: 285)

Iman menurut bahasa ialah pembenaran hati disertai pengetahuan terhadap Tuhan yang dipercayai. Menurut syariat ialah pembenaran, yaitu pengetahuan tentang Allah dan sifat-sifatNya, di samping melakukan semua ketaatan yang wajib dan sunnah serta menjauhi semua kesalahan dan maksiat.
Boleh dikatakan bahwa iman adalah agama dan syariat, karena agama adalah pelaksanaan semua ketaatan dan menjauhi semua larangan. Itu adalah sifat iman.

Adapun Islam, maka ia termasuk iman. Setiap iman adalah Islam, tapi tidak semua islam adalah Iman. Karena, Islam berarti penyerahan diri dan tunduk. Maka setiap orang mukmin menyerahkan diri dan tunduk kepada Allah dan tidaklah setiap muslim beriman kepada Allah, karena boleh jadi ia masuk Islam karena takut pedang. Maka iman itu mencakup banyak perkataan dan perbuatan sehingga meliputi semua ketaatan. Sedangkan Islam adalah ibarat pengucapan dua kalimat syahadat disertai ketenangan hati dan pelaksaan ibadat yang lima. (Demikianlah yang dikatakan Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani)

Nabi saw. bersabda,
"Iman adalah pengetahuan dengan hati dan perkataan dengan lisan serta pengamalan rukun-rukun."(HR.Ibnu Majah)
Yang dimaksud ialah bahwa amal perbuatan adalah syarat bagi kesempurnaan iman, sedangkan pernyataan lisan mengungkapkan pembenaran jiwa.

Cabang-cabang iman itu amatlah banyak, dari yang paling tinggi iman kepada Allah, hingga menyingkirkan duri di tengah jalan.
Insya Allah kami akan mencoba menyebutkan kelak.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian