Website Baru Kami, Klik Gambar

Website Baru Kami, Klik Gambar
Kajian Ilmu Agama Islam
Home » » Sunnah-sunnah di dalam Berpuasa [bagian 1]

Sunnah-sunnah di dalam Berpuasa [bagian 1]

1. Menyegerakan berbuka puasa, yaitu segera berbuka puasa setelh kepastian terbenamnya matahari, karena Rasulullah saw. bersabda,
"Manusia senantiasa dalam kebaikan, selagi mereka menyegerakan berbuka puasa." (Muttafaq 'alaih)

Anas bin Malik ra. berkata,
"Sesungguhnya Rasulullah saw. tidak mengerjakan shalat Maghrib hingga berbuka puasa kendati hanya dengan seteguk air." (HR.Tirmidzi)

2. Berbuka puasa dengan kurma matang, atau kurma kering, atau air. Berbuka puasa yang paling baik ialah dengan kurma dan paling tidak baik ialah berbuka dengan air. Seorang Muslim disunnahkan berbuka puasa dengan bilangan ganjil, misalnya tiga, lima, atau tujuh, karena Anas bin Malik ra. berkata,
"Rasulullah saw. berbuka puasa dengan beberapa kurma yang telah matang sebelum mengerjakan shalat Maghrib. Jika tidak mendapatkan kurma yang telah matang, beliau berbuka puasa dengan kurma kering. Jika kurma kering tidak ada, beliau meneguk beberapa tegukan air." (HR.Thabrani)

3. Berdoa ketika berbuka puasa, karena Rasulullah saw. berdoa ketika telah berbuka puasa,
"Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa 'alaa rizqika afthortu birohmatika ya arhamar roohimiin (Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, demi-Mu aku beriman, dan atas rizki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu wahai yang maha pengasih dari semuanya yang mengasihi)."

Atau berdoa dengan doa-doa yang lainnya. Dan perlu di ingat berdoanya (dengan doa di atas) setelah berbuka, bukan ketika akan berbuka.

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Pencarian